14.mau blajar piano..?

10 Mar 2009

roostam1

romo Chunk

Dalam dunia pengeboran atau explorasi minyak dan gas bumi ada istilah on shore dan off shore. On shore adalah kegiatan pengeboran yang berlokasi di laut, sedangkan off shore berlokasi di daratan. Dalam kegiatan ini keduanya memerlukan landasan kerja atau istilahnya platform atau rig. Untuk pengeboran di daratan diperlukan platform yang bahannya dibuat dari kayu agar landasan kerja tidak kotor atau becek. Platform ini adalah papan kayu dijajar sedemikian rupa dan dipaku agar tidak bergeser jika dilalui crane atau trailer. Design ini yang memerlukan banyak sekali kayu dianggap tidak effisien dan sangat boros kayu karena setiap pindah lokasi pengeboran kayunya tidak bisa dipakai lagi dan kayunya cepat rusak.

SMA banjarbaru kal-sel 1967

SMA banjarbaru 1964

Pada tahun 90an ditemukanlah suatu design platform yang baru dan jauh lebih baik dari sebelumnya dan sangat-sangat effisien. Bahannya tetap dari kayu namun didesign dengan interlooking system yaitu berbentuk modul atau palet yang saling terkait dinamakan TIQASLAB. Mudul ini sangat kuat, simple, tahan lama, mudah dibongkar pasang, dapat digunakan berkali-kali dalam lokasi pengeboran yang berbeda dan mudah dipindah-pindah dan diangkut dengan trailer. Setelah ditemukannya TIQASLAB ini selanjutnya semua platform pengeboran darat menggunakan system ini terutama diperusahaan-perusahaan drilling di Kalimantan Timur, bahkan sampai saat ini design TIQASLAB ini digunakan diseluruh dunia karena sangat mereduksi biaya operasional. Pencipta design TIQASLAB ini adalah orang Indonesia yang asli Jogja yaitu romo Chunk - RM.Roostamhady - putra dari Suwandi Harjopradoto. Design TIQASLAB ini (diambil dari nama putrinya, Tiqa) telah dipatenkan oleh penciptanya yaitu romo Chunk. Tahun 1997 profil Roostamhady atas penciptaan TIQASLAB nya masuk dalam majalah PETROMINER.

Didunia pengeboran minyak dan gas bumi nama Roostamhady sangat dikenal dengan keahliannya sebagai senior civil engineering. Karier terakhirnya sebagai Human Capital Manager diperusahaan VICO Indonesia. Sudah dua tahun ini Roostamhady bergabung dengan perusahaan MEDCO Energy yang dikomandani Hilmi Panigoro.

roostamhady & hilmy panigoro

roostamhady & hilmi panigoro

Dari istrinya Fatma Alatas, romo Chunk dikaruniai dua orang anak yaitu sicantik Tiqa (masih kuliah) dan siganteng Bobby (SMA). Dikeluarga besar trah Suwandi, romo Chunk adalah putra paling kecil dari Suwandi dan satu-satunya yang masih exsis. Romo Chunk lahir di Yogyakarta 1947 dan tidak sempat melihat ayahnya namun masih sempat merasakan pelukan ibunya RA.Roosiyah - saat kanak-kanak di Mangkubumen. Selain hobby bermain golf, romo Chunk juga pandai bermain musik. Semasa SMA romo Chunk adalah anak band, piawai bermain gitar dan piano. Semasa di VICO Indonesia permainan pianonya disukai oleh teman-teman bulenya. Banyak yang ngangenin berdendang bersama romo sambil santai di dining room. Penampilannya sederhana, kalau lagi dolan atau nongkrong ngopi-ngopi diwarung roti bakar selalu pakai celana pendek. Suka traveling dan sering didaulat jadi advisor perhelatan acara nikahan atau jadi wali. Jadilah ZEBRA diantara yang lain, ujar romo Chunk, tentu maknanya sangat luar biasa dalam meniti karier ataupun persaingan bisnis.

wamena 1976

wamena 1976

Romo Chunk (waktu kecil nama panggilannya kuncung) tinggal di Perum Pesanggrahan Kebayoran Lama Jakarta-Selatan. Beliau adalah adik dari si polisi alm.romo Suryo Drijantoro. Saat ini romo Chunk didaulat menjadi ketua paguyuban trah pugeran (PATRAP) periode 2009 2011 wilayah JABODETABEK. Selamat, dan semoga sukses dalam bertugas membawa PATRAP lebih eksis dan bergaung. (rinang pramito).


TAGS


-

Author

Follow Me

Search

Recent Post


Categories

Archive