19.mau terbang..?

23 Apr 2009

Capt.Surjo Djoko Purwandono

Capt.Surjo Djoko Purwandono

RM.Surjo Djoko Purwandono (mas Djoko), putra dari RM.Soerjodriasmoro (romo Dri), cucu Suwandi Hardjopradoto, buyut GPH Puger, saat ini berkarir sebagai captain pilot pesawat jet berbadan lebar Boeing 737 pada maskapai penerbangan international Air Asia Malaysia yang bermarkas di kota Kuala Lumpur Malaysia.

Setamat SMA di Jakarta tahun 1981 mas Djoko melanjutkan pendidikannya di sekolah penerbang IDP/PSDP Adi Sucipto Yogyakarta. Djoko adalah salah satu tamatan angkatan I dari sekolah penerbang itu yang didirikan tahun 1981guna memenuhi kekurangan SDM penerbang khususnya TNI AU dari Akademi TNI AU.

Tahun 1983 Djoko menamatkan pendidikannya dan lulus sebagai penerbang dan selanjutnya bergabung dan berkarier di TNI AU sebagai pilot yang menerbangkan barbagai macam pesawat mulai dari pesawat latih hingga menerbangkan pesawat-pesawat tempur tercanggih yang tergabung dalam skuadron tempur TNI AU. Tugasnya adalah terus berlatih dalam berbagai formasi terbang tempur dan berpatroli diseluruh wilayah nusantara. Selain sebagai penerbang tempur (Fighter Pilot), mas Djoko juga berprofesi sebagai instruktur penerbang di almamaternya dan mengajar junior-juniornya.

Karir mas Djoko berlanjut menjadi penerbang/pilot pesawat komersial (civil airlines) di beberapa maskapai penerbangan domestik diantaranya menjadi pilot Garuda Indonesia, Merpati Nusantara Air dan berlanjut ke beberapa maskapai penerbangan international. Semasa tinggal di Kamboja tahun 2001, mas Djoko dikenal baik dikalangan KBRI dan masyarakat Indonesia di Kamboja yang kemudian dibentuklah PERMIKA (Perhimpunan Masyarakat Indonesia di Kamboja) yang diketuai oleh H.Surjo Djoko Purwandono.

Beberapa tahun kemudian Djoko dan keluarga pindah ke New Delhi untuk bergabung dengan maskapai penerbangan Air India. Kurang lebih 3 tahun bertugas di Air India kemudian mas Djoko pindah tugas lagi ke negara jiran Malaysia dan sejak bulan Juni 2009 hingga sekarang bergabung dengan maskapai penerbangan Air Asia Malaysia dan tetap menjalani berbagai kegiatan sosialnya di negara tetangga ini.

Mas Djoko dan istrinya mb Neneng dikaruniai tiga orang anak putri dan putra yang masih bersekolah. Setiap tahun Djoko dan keluarga menyempatkan pulang kampung ke Indonesia dan menyinggahi kota Sidareja Cilacap dimana alm.ayahnya dimakamkan. Selain ber’email atau facebook atau YM dengan keluarganya dan saderek trahpugeran di tanah air, Djoko juga aktif membina hubungan dengan sesama teman alumni IDP dan junior-juniornya, juga dengan koleganya yang berkarir di TNI AU maupun diberbagai airlines domestik dan international. … cita-cita alumnus penerbang IDP ingin menaklukkan dunia penerbangan …InsyaAllah Amin… ujarnya dalam sebuah situs official website IDP.

Residence:

AIR ASIA MALAYSIA

Putrajaya Selangor Malaysia

mas Djoko & mb Neneng

mas Djoko & mb Neneng d TajMahal India


TAGS


-

Author

Follow Me

Search

Recent Post


Categories

Archive