20.mau kantong kresek..?

23 May 2009

ibu Dhani Purwanto

ibu Dhani Purwanto

Jangan sekali-kali pulang belanja dari supermarket bawa rentengan kantong kresek di depan ibu ini…. yaa, beliau akan merasa sedih, bukan karena gak dibawain oleh-oleh, tapi.. itu lho, kantong kreseknya…

Lho ada apa dengan kantong kresek…?

Coba kita simak grenengan dibawah ini…..!

…..masalah sampah adalah masalah yang menyangkut perilaku manusia. Penanganan sampah yang tidak bijaksana menyangkut ketidaktahuan, kemiskinan, dan kerakusan. Karena miskin kita beli barang murah, mudah rusak, dan menjadi sampah. Kita beli produk kemasan kecil, seperti sachet shampoo dan semakin banyak sampah. Karena tidak tahu, sampah dibiarkan teronggok, menimbulkan gas methan salah satu gas rumah kaca yaitu gas penyebab pemanasan global. Faktor kerakusan, adalah gaya hidup yang boros, konsumtif, tidak mau repot. Berbelanja tidak membawa keranjang dari rumah tetapi lebih suka memakai kantong keresek. Karena itu kita harus ada kaidah baru tentang lingkungan yang mesti diterapkan….. ujar ibu Dhani.

Itulah cuplikan wawancara seorang jurnalis dengan ibu Dhani. Seorang pemerhati lingkungan hidup. Seorang yang selalu gelisah tentang kelangsungan kehidupan bumi ini. Beliau ini tidak hanya duduk tur cerewet sana sini aja, tapi terjun langsung berhadapan dengan masyarakat kelas kumuh sampai tingkat pejabat negara dalam urusan pelestarian bumi. Dalam kesehariannya beliau lebih dikenal dengan nama Maria Purwanto SH, Msi, Megister Ilmu Lingkungan Universitas Indonesia yang saat ini menjabat sebagai Sekjen PEPULIH (Pemerhati Peduli Lingkungan Hidup) perkumpulan swadaya masyarakat (non-profit) yang mempunyai kepedulian terhadap pelestarian sumber daya alam dan lingkungan di Jakarta. Dari tahun 2004 sudah tak terhitung lagi kegiatan ibu ini bersama PEPULIH untuk melatih, menjadi key speaker dalam berbagai seminar, lokakarya, narasumber dan memberikan pengetahuan tentang lingkugan hidup di sekolah-sekolah, perguruan tinggi, rumah sakit, instansi, RT-RW, kelurahan dst dan terakhir mengikuti pameran pruduk daur ulang dan pemanfaatan limbah di gedung DEPERIN April 2009 lalu.

Ibu yang tetap cantik diusianya yang sudah kepala lima ini berkantor di Kementrian Negara Lingkungan Hidup, Jl.DI.Panjaitan, Kebon Nanas Jakarta-Timur. Semangatnya luar biasa, tinggalnya di kota Bogor yang masih asri, dan saban hari wira-wiri Bogor-Jakarta, serta sering bertugas keluar kota. Beliau juga mengajar S1 dan D3 Sekolah Tinggi Ilmu Keperawatan Carolus-Jakarta. Ibu Dhani adalah istri dari Ir.RM.Purwanto poeng Sudiro,MM yang dikaruniai dua orang putra putri yaitu Ramadhana Rendra (UGM Jogja) dan Theresia Syahbanie Rendri (UNPAR Bandung) dan bu Dhani juga aktif datang dalam pertemuan trahpugeran. tanpa dukungan keluarga, anak-anak dan suami, mungkin saya tidak akan bisa seperti sekarang ini… demikian ibu Dhani menutup wawancaranya. Masih mau kantong kresek….? (rinang pramito).


TAGS


-

Author

Follow Me

Search

Recent Post


Categories

Archive